Kamis, 12 Maret 2009

UTS MAKIN DEKET>>>CARA MUDAH BUAT MENGHAFAL PELAJARAN

UTS sudah didepan mata.bagi warga sambadha merupakan ajang dimana saling berkejaran nilai dan perbaikan /peningkatan mutu nilai mereka dari smester kemarin.yaphh….Supaya kita gag pusing pusing amat waktu ulangan nanti,ada baiknya dari sekarng persiapin tuh kisi-kisi soal ama hapalin/pahamin semua pelajaran yang menurut kalian sulit.Ini ada tips-tips agar mudah menghafal,menghafal mungkin menurut sebagian orang adalah hal yan paling ngebosenin,jadi bawaannya males gitu....

OK inilah tips tips menghafal yang menurut saya ampuh bangeudh….

1. Konsentrasi Penuh Saat membaca
Untuk mendapatkan hasil bacaan yang baiik tentunya memerlukan konsentrasi yang baik pula . Biasanya konsentrasi itu akan terjadi jika ada rasa ingin tahu yang mendalam dari pe,baca apalagi disertai dengan judul dan gambar yang menarik pada buku tersebut.ini dapat terjadi pada buku komik atau majalah yang menarik dibandingkan dengan buku pelajaran.bacalah secara menyeluruh dan temukan inti-inti dari bacaan tersebut. Konsentrasi menjadi memori ingatan yang kuat.

2. Buat Simbol-Simbol yang bisa mempermudah Hafalan :

a.Simbol melalui huruf depan
Kamu akan mudah menghafal bila menerapkan strategi symbol-simbol sinkgatan.Misalnya gini nih : Saat guru menerangkan bahwa organ pernafasan kita itu terdiri dari hidung,tenggorokan,mulut dan paru paru.maka cara mudah menghafalnya dengan memakai singkatan H.T.M.P (singkatan dari hidung,tenggorokan , mulut dan paru-paru.

b. Simbol Tanda Panah
Simbol tanda panah sangat memudahkan kita dalam mengingat suatu pelajaran.sebaagai contoh : Proses pernapasan pada manusia : Hidung => Tenggorokan => mulut=> Paru-Paru. Simbol tanda panah itu akan mempermudah dalam menghafalkan.tentunya yang lebih mengerti maksud dari symbol tersebut adalah pembuatnya.

3. Tulis Hal Hal Pentingdi potongan Kertas.
Tidak perlu lagi saat test membawa lusinan buku-buku pelajaran.Untuk memudahkan menghafalpelajaran,buatlah petongan kertas kecil-kecil berbentuk kotak-kotak seukuran kotak korek api.
Misalnya dibagian depan ditulis pertanyaan,” Gunung tertinggi dipilau jawa” Nah dibalik potongannya ditulis jawabannya “Gunung semeru”. Lakukan Terus Pada Potongan Kertas untuk Pertanyaan-pertanyaan penting yang berbeda-beda.Warnai masing – masing kertas dengan warna yang berbeda-beda/cerah. Dengan cara befitu, kamu akan mudah untuk menghafal ketimbang sibuk membolak balik buku tebal yang memusingkan.(dikutip dari MP)

Nah, Udah tau kan gimana cara-cara menghafal yang ampuh…..yuk kita coba bareng bareng. GOOD LUCK!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar